Simple blog to share

Jika anda ingin 'beli laptop' acer yang masih kosong sebenarnya sudah terdapat sistem operasinya yaitu versi linux linpus lite. Ketika pertama kali berkenalan dengan acer baru, misalnya Acer E1-422,  Acer E1-470G , yang memiliki fitur terinstal linux linpus linux lite version sempat bingung juga, karena ketika seting boot pertama yang diarahkan ke CD drive gagal. Dicoba booting menggunakan flashdisk untuk install windows juga gagal.

Secara prinsip pengaturan pertama tetap pada pengaturan bios untuk mengubah boot linux agar laptop anda dapat di install windows.

Untuk menginstall windows pada acer yang di dalamnya terdapat linpus linux:
1. Nyalakan laptop dan segera tekan F2 untuk masuk bios
2. Setelah masuk BIOS ubah mode boot dari UEFI menjadi Legacy BIOS
3. Jangan lupa ubah CD/DVD drive anda agar loading awal yang ke baca adalah CD windows anda

Klik Spoiler Ini:
mengubah-boot-linpus-lite-acer-1

mengubah-boot-linpus-lite-acer-2

mengubah-boot-linpus-lite-acer-3

mengubah-boot-linpus-lite-acer-3a



Untuk menginstall windows anda dapat membaca tulisan ini Cara install windows (7) dan install webcam pada laptop baru - komplit 76 images


Pengertian antara Boot Legacy Bios dan Uefi

Bios dan Uefi merupakan tampilan firmware untuk komputer yang berfungsi untuk menerjemahkan antara system operasi dan firmware komputer (definisi firmware kurang lebihnya: perangkat lunak yang ditanam pada sebuah perangkat keras/hardware untuk melaksanakan fungsi-fungsi yang lebih kompleks). Keduanya digunakan untuk melakukan startup komputer dalam mengenali komponen hardware dan menjalankan system operasi yang ada pada harddrive.

BIOS bekerja dengan cara membaca sektor pertama dari hard drive yang memiliki alamat perangkat berikutnya untuk mengenali kode atau untuk mengeksekusinya. ia juga memilih perangkat boot yang perlu dikenali untuk memulai sistem operasi. Karena BIOS telah digunakan sejak awal, masih bekerja dalam modus 16-bit, membatasi jumlah kode yang dapat dibaca dan dieksekusi dari firmware ROM.
  
UEFI melakukan tugas yang hapir sama, namun sedikit berbeda. Ia menyimpan semua informasi tentang inisialisasi dan startup di file .efi bukan firmware. File ini disimpan pada hard drive di dalam partisi khusus yang disebut EFI Sistem Partisi (ESP). Partisi ESP juga akan berisi program boot loader untuk Sistem Operasi yang diinstal pada komputer.

UEFI sepenuhnya dimaksudkan untuk menggantikan BIOS di masa depan dan membawa banyak fitur baru dan perangkat tambahan yang tidak dapat dilaksanakan melalui BIOS.

Itulah perbedaan antara fitur boot legacy bios dan uefi, semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk anda. Anda sudah membaca artikel yang lainnya? Lihat pada menu Blog Map

Update artikel berikutnya? silahkan follow melalui FeedReader/FeedBurner di bagian bawah halaman ini

8 comments:

  1. gmn caranya kalo menu "boot mode" tidak ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertanyaan sama....punya saya juga ga ada....instal laptop baru acer...

      Delete
  2. tapi di olaptop ane nggak ada opsi Legacy gan..mohon pencerahan ,gimana caranya munculin opsi itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika laptop tidak ada opsi legacy, sebaiknya diinstall windows yang fully support uefi (misalnya windows 8/8.1 khusus 64 bit)

      Delete
  3. mohon pencerahan untuk instalasi linux di acer e5-473g,,, selalu gagal.... :'(

    ReplyDelete
  4. Kalau Posisi nya Laptop baru , gmn gan untuk munculkan opsi legacy & uedi nya gan.. mohon infonya terimakasih

    ReplyDelete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Blog Archive

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.