Simple blog to share

Cara burning video agar dapat diputar di cd/dvd player itu tidak sama dengan cara memburning cd/dvd untuk file-file biasa seperti file data, mp3, ataupun file image. Cara yang paling mudah dan software yang paling bagus digunakan untuk membuat video support cd/dvd player adalah nero burning, meski banyak software/tool burning seperti software seperti ashampoo burnng studio, dvd flick, xmedia record, cd xp burn, burn aware  free, infra recorder, free iso burner, dll . Karena dengan nero semua tipe file video dapat diconvert secara otomatis bersamaan ketika proses burning sedang berjalan. Prosedur proses burning untuk video agar dapat dimainkan di cd/dvd player memang berbeda dengan cara melakukan burn (membakar) file-file pada umumnya, karena agar dapat di-play di dvd player nero secara otomatis akan men-generate file tertentu sebagai pendukung file utama.

Sebelum anda melakukan proses burning perlu anda tahu beberapa tipe/jenis format file video di antaranya (yang paling terkenal) yaitu: mkv, mp4, flv, avi, ogg, wmv, rmvb, mpeg, 3gp, mov, dll. Jika anda melakukan burn ke dvd maka masing-masing tipe video tersebut akan dikonvert secara otomatis ke dalam format vob karena format yang diperlukan untuk dvd adalah video berekstensi .vob. Namun dengan nero anda tidak perlu meng-convertnya terlebih dahulu, karena nero akan meng-konvertnya dengan sendirinya. Istilah burn itu sendiri merupakan proses menulis (write) data dalam hal ini video dari komputer ke keping cd-dvd.

# Pada artikel tutorial saya sebelumnya, anda dapat membaca tutorial yang saling terkait dengan ini, yaitu:
Cara Burn CD/DVD Dengan Menggunakan Infra Recorder
Software gratis untuk download video

Selain mengetahui tipe file masing-masing video maka sebelum anda melakukan burning anda harus menyesuaikan kapasitas video yang akan diburn dengan kapasitas dvd. Kapasitas DVD yaitu 4GB

Pada contoh ini yang digunakan sebagai praktek latihan burning adalah nero terbaru yaitu Nero 2014 platinum. OK. Silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut cara burn file video ke format dvd (vob) agar dapat diputar di dvd player dengan nero burning.

  1. Jalankan Nero 2014 kemudian klik Video
  2. Klik spoiler berikut:
    cara-burn-video-dengan-nero-video-platimun-2014

  3. Pada menu Create & Export piih DVD > DVD Video
  4. Klik spoiler berikut:
    nero-platinum-2014

  5. Klik Import. Langkah ini untuk memasukkan/memilih video yang ingin anda burn. Untuk urut-urutannya bisa anda susun dengan tombol menu Move up / Move down. Jika sudah ok klik tombol Next.
  6. Klik spoiler berikut:
    cara-burn-video-agar-support-cd-player

    cara-burn-video-agar-support-dvd-player

  7. Pilih jenis intro saat DVD anda disetel / dimainkan dengan DVD Player. Anda dapat memilih jenis intro dvd 2 dimensi ataupun 3 dimensi. Jika anda memilih intro 2 dimensi hanya akan menampilkan intro daftar judul dvd. Bila pengaturan ini sudah OK, klik Next.
  8. Klik spoiler berikut:
    cara-burning-video-dengan-nero-platinum-2014


  9. Penaturan pada langkah ke-4 bisa anda coba di langkah ini, untuk melihat bagimana video anda akan ditampilkan di dvd player nantinya. Klik Next untuk langkah burning berikutnya.
  10. Klik spoiler berikut:
    cara-burn-video-dengan-nero-video-2014

    cara-burn-video-mp4-agar-support-dvd-cd-player

  11. Nero akan menampilkan jenis "summary" video yang anda burn, apakah tipe videonya PAL atau NTSC. Anda dapat mengubahnya. Ini merupakan setingan terakhir sebelum anda melakukan Burn, dan tunggu hingga proses burning ke dvd selesai.
  12. Klik spoiler berikut:
    cara-burn-video-mp4-agar-support-dvd-cd-player

  13. Lihat hasilnya. Ada 2 forlder yang secara otomatis ter-generate oleh program nero, yaitu folder AUDIO_TS dan folder VIDEO_TS. Selain itu ada 2 file tambahan yang juga secara otomatis ter-generate, yaitu VIDEO_TS.BUP dan VIDEO_TS.INFO. Untuk tipe filenya juga secara otomatis dikonvert oleh nero menjadi .VOB sebagi standar video dvd dari tipe file sebelumnya yaitu Mp4.
  14. Klik spoiler berikut:
    cara-membuat-video-dvd

    video-mp4-youtube-bisa-disetel-di-vcd-dvd-player

Itulah beberapa step cara burn video agar support dvd player, semoga tutorial ini dapat bermanfaat untuk anda. Sebagai catatan bahwa aplikasi nero burning ini dapat digunakan untuk burning semua file baik video, mp3, images, maupun data lainnya.

Jika tutorial di sini bermanfaat buat anda dan orang lain (baik teman anda, saudara anda, anak anda, atau siapapun) silahkan beritahukan/share ke mereka agar bisa lebih bermanfaat. Anda juga dapat share melalui Email, Twitter, Facebook, ataupun melalui G+ menggunakan icon yang tersedia di bawah ini.

[Upadate 2015-06]
Anda dapat juga melakukan burn cd dengan aplikasi burn CD ringan yaitu CD Burner XP

[Upadate terbaru 2015-08]
Masih berkaitan dengan cd / vcd / dvd.
Anda masih ingat lagu-lagu jaman dulu dan memiliki koleksi video cd (vcd) di rumah?. Gunakan smartphone anda untuk menyetel koleksi video lagu-lagu lawas yang anda miliki di mana saja.
Silahkan anda baca pada halaman ini;
Cara Convert Video .DAT dari VCD untuk dapat dimainkan di perangkat smartpone.

80 comments:

  1. Sepertinya mudah ya Mas...
    Oya download Nero 2014 platinum nya dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang mas her, untuk burning agar dapat dimainkan di cd ataupun dvd player memang nero paling mudah dan ia melakukan konvert secara otomatis.
      Kebetulan saya ga download beli di tempat cd software, download gagal terus di install mas

      Delete
  2. Replies
    1. untuk burn video dengan menggunakan nero burn 2014 tidak lama, namun harus melihat pada spesifikasi laptopnya, harus dilihat dari system requirement software dan spek laptopnya, mas

      Delete
  3. untuk burn dvd dengan nero waktunya tidak lama, gan. faktor lain tergantung dari komputer / laptonya terutama prosesornya. tp pada dasarnya tidak lama gan

    ReplyDelete
  4. ka knpa ya dvd player saya tidak mau play, malah "no disc" trus. padahal saya sudah burn dengan benar, dgn format .mpeg. info nya dong ka pliss

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin dari tipe disknya tidak support mba sarah, karena secara fisik ada beberapa tipe disk. cara yang paling gampang ya dicek di player berbeda misalnya dvd player samsung, dvd player lg, dvd pioneer, atau dvd player lainnya, bisa pinjam milik tetangga dengan merek berbeda.

      Delete
  5. Iji bookmark sama save page mas, biar bisa di pelajari secara offline :) terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok silahkan dengan senang hati mas bisa berbagi tips ini, semoga bisa bermanfaat, juga buat pembaca lainnya.

      Delete
  6. Kalo pke nero 7 bsa gak ya ms? Mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mas..saya dulu juga pernah menggunakan nero 7 untuk burn video dari rekaman kamera, waktu itu saya masih menggunakan windows xp, untuk nero 7 sekarang sudah tidak support menggunakan windows 7 / 8

      Delete
  7. mas kalo nero lama bisa atau gakk? infoonya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. pada dasarnya untuk membakar (burn) dengan dero lama tetap bisa, hanya saja interface/tampilannya masih sederhana dan belum selengkap nero 14 fitur-fiturnya.

      Delete
  8. Mas Walidin, sy sering dpt problem dvd video yang memilih dvd player untuk bisa playing. kadang pada 1 dvd player bisa tapi pada dvd player lain macet2 bahkan muncul "NO DISC". itu pengaruh apa dan bagaimana caranya supaya hasil burning dvd video bisa disetel pada semua janis optick atau merk dvd player? mohon pencerahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang tidak semua dvd player support jenis cd/dvd. belilah keping cd/dvd kosong yang bagus kualitasnya dan perhatikan tipe cd/dvdnya, untuk burn video. ketika memasukkan data video untuk di burn, jangan terlalu penuh, karena pada sector-sector data dalam dvd akan sedikit susah dibaca oleh player.

      Delete
    2. akibat dari kesulitan membaca sector data pada saat disetel di dvd player, video jadi macet-macet

      Delete
  9. apakah videonya biasa auto play saat diputar di dvd player mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hasil burning video cd/dvd dengan nero akan langsung autoplay di dvd player seperti halnya dvd lainnya. jika mutiple file maka pada saat diplay dengan dvd player maka tinggal pilih video mana yang akan di play

      Delete
  10. mass, bo minta kontaknya ngak ?
    ada yang mau sya tanya2.
    ini kontak saya mas pin bb : 28d82bfd
    fb : pebriandy@dr.com.
    saya tunggu konfirmasinya mas.
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. owh.. maaf mas saya tidak menggunakan pin bb, untuk kontak silahkan via email pada bagian kontak jika ada pertanyaan

      Delete
  11. mass boleh minta kontaknya ngak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk sementara silahkan kontak via form kontak di menu navigasi blog mas

      Delete
  12. Replies
    1. sama sama mas, semoga cara burn dvd tersebut bisa dilakukan pada laptop/pd masing-masing dengan software nero khususnya

      Delete
  13. ok mas, oya mas, saya sudah DL itu neronya tapi keygennya ngak bisa, cari di google dapat, tapi burn videonya ngak bisa harus di beli dolo baru ke buka smua .. jadi bgung

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya gimana mas "harus di beli dolo baru ke buka smua" mas

      Delete
  14. Mas Walidin, saya punya kira-kira 12 video mau saya burn ke 1 dvd sekaligus semua bagaimana? Tutorial di atas hanya 1 video.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mba, cara burning video ke cd / dvd dengan nero itu paling mudah dan paling powerful , karena banyak sekali jenis format/tipe file video yang dapat langsung dikonvert pada saat burning, jadi tidak perlu video converter lagi. tutorial di atas ada 4 video yang diburn ke dvd, mba. pada point no.3. Sesuaikan jumlah video dengan kapasitas dvd.

      Delete
  15. kalo cara burn dengan subtitle terpisah bagaimana? apa nanti otomatis masuk subnya atau bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk burn video dengan subtitle saya sendiri belum pernah, karena belum pernah burn film-film barat. tapi sebagai rujukan bisa lihat pada halaman ini:
      cara burn video dengan subtitle

      Delete
    2. secara prinsip sama untuk semua versi nero

      Delete
  16. mas kalo misal burning video yg udah bentuk Video_ts hasil copy dr dvd lain tp burningnya manual ga pake nero bsa autoplay ga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara burn dengan metode seperti itu sepertinya tidak dapat play di cd/dvd player. karena merupakan satu kesatuan pada proses burning. namun coba di lihat apakah ada file tersembunyi atau tidak. saya sendiri belum pernah melakukan cara seperti itu.

      Delete
  17. Replies
    1. sama sama mas semoga menjadi lebih mudah dengan tips burning video cd dvd di atas.

      Delete
  18. mas kalo mau burning file dengan format pdf caranya gimana?? tolong bantuannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk burn file pdf tidak perlu memilih opsi dvd, pilih aja langsung nero express, tinggal drag and drop file pdfnya, bisa langsung dibarn ko.

      Delete
  19. mas kok saya burning format .mp4 gk bisa ya malah keluar perintah error. mohon pencerahannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf mas abdul, nero yang kamu gunakan versi berapa yah?
      mungkin metode burningnya ada yang keliru.

      Delete
  20. Salam kenal dari Kuala Lumpur, Malaysia..bagus tutorialnya, walaupun saya tak bisa faham 100% bahasa Indonesianya, tapi masih boleh bisa membaca :) Apa boleh saudara Walidin hasilkan tutorial untuk Xmedia Recode, ImgBurn, DVD Flick, FS dll..

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal juga pak abu, terima kasih atas apresiasinya, memang bahasa malaysia mirip seperti indonesia meski tidak sama paling tidak tahu maksudnya. Insya Allah akan saya bahas ke depanya pak.

      Delete
  21. cara agar langsung konvert gimana gan?
    soalnya fileku mp4,tapi pas mau bikin file dvd ekstensi harus VOB
    mohon pencerahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa langsung dimasukkan ke daftar yang mau diburn mas aldhi, karena nero akan mengconvertnya secara otomatis menjadi file vob, jadi ga usah repot-repot convert tipe file dulu.

      Delete
  22. mas saya burn dvd pake nero 10,jmlahnya ada 14 track semua berjalan lancar tp pas saya play di player dvd tidk bisa berurutan play sendiri. stiap 1 track selesai selalu kembali ke menu awal..jadi harus pilih satu persatu. mohon pnjlasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk nero 10, saya sendiri belum pernah mencoba softwarenya, mas. saya sendiri sebelumnya menggunakan nero 7 dan 9. tp pada prinsipnya sebenarnya sama, ketika file video di burn di akan play secara otomatis berurutan sesaui dengan pengaturan setingan. dan ini selalu berfungsi dengan baik baik pada nero 7, 9, ataupun nero 14 yang saya coba.

      Ada 3 kemungkinan yang bisa saya sarankan, mas:
      1. Beri judul videonya dengan angka, misalnya pada gambar di atas (langkah no.3 gambar pertama, nama vidoenya adalah Day1, Day 2), kemudian atur properties filenya berkaitan dengan tag videonya.
      Pengaturan tag juga penting baik ketika mau burn video maupun mp3 misalnya. Klik kanan pada file > Properties

      2. Bisa jadi pengaturan pada dvd playernya, apakah pengaturan playbacknya sudah di set sesuai defaultnya, atau harus dengan setingan tertentu.

      3. Ketika mau burn video, sesuaikan kapasitasnya dengan kapasitas DVD /CDnya. Jangan terlalu penuh, sisakan kira-kira 100 MB, agar player dapat membaca track dengan sempurna.

      Semoga ketiga saran tersebut bisa memberikan solusi untuk penggunaan nero 10, mas.

      Delete
  23. Trmkasih gan,, artikelnya cukup membantu.. ada alternatif lain selain pake nero untuk burning video ke cd/dvd?

    ReplyDelete
  24. artikelnya bagus mas, cuma ada yang blm saya mengerti. untk file video sblum di burning, biasany harus menentukan kecepatan max atau dibwahny agar terbaca di VCD/DVD player. kira2 pake kecepatan brp mas agar bs tampil di VCD/DVD player?minta penjelasanny..trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk kecepatan read diatur secara default saja, mas. toh windows akan mendeteksi kecepatan terbaiknya. JIka dvd writer tidak ada masalah dan kualitasnya masih bagus (kualitas kemampuan write-nya) maka pada saat di play di dvd player ok ok saja. hanya saja yang perlu diperhatikan, jangan terlalu penuh kapasitas dvdnya agar optic dapat membaca track secara sempurna.

      Delete
  25. mas saya mau nanya nih kalau misalkan video dan subtitle nya terpisah apakah saat di burning subnya bisa terbaca?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa mba ika, karena nero software burning paling bagus yang juga bisa digunakan semuanya berkaitan dengan burning

      Delete
  26. mas Walidin, knp wkt saya burn disk nya lngsung keluar dr laptop ya? sya gunakan windows 8,1 dan nero versi 2016..tlg pencerahannya dong..lalu apakah aplikasi total video converter dan format factory jg dpt mengconvert mp4 menjadi format dvd? thanks berat ya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertanyaan poin pertama agak membingungkan gan, langsung keluar maksudnya data udah terekam ke keping cd/dvd apa belum, biasanya jika data udah selesai dalam proses burning cd/dvd nya langsung keluar dari cd/dvd drivenya. Jika belum apa apa langsung keluar berarti ada masalah dengan software burningnya atau drive nya.
      Sebagai saran paling install software burning alternatif kemudian lakukan proses burn, jika dengan software laternatif tersebut tidak bisa diindikasikan drivenya yang bermasalah.

      total video converter dapat mengubah / mengkonvert mp4 jadi format dvd (vob), mas.

      Delete
  27. mas Walidin, kl mau download nero 2014 apakah memang harus buy?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya bisa menggunakan masa trial dulu mas, atau beli di toko cd software ada juga

      Delete
  28. mas saya mau tanya, untuk size video nya sendiri ada perubahan gak setelah di burning?? mungkin bertambah besar gitu size nya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada mas namun pada preview sebenarnya terlihat kapasitasnya

      Delete
  29. Pa kabar mas.... Saya mau nanya mas:
    1. Disc 1 lancar tp disc 2,3,4 macet, apa ya mas yang mempengaruhinya? Saya pakai nero 12.
    2. Merek apa keping dvd yang paling cocok utk dvd player kebetulan saya pakai GTPRO DVD-R PLUS.
    3. DVD RW merek apa yg paling bagus untuk memburning dvd?
    Please mohon pencerahan mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba usahakan pada saat mau burning data yang dimasukkan tidak terlalu penuh, karena player akan kesulitan membaca track maximum. Setelah burning 1 coba restart ulang neronya.
      Kepin dvd merek gtpro sebenarnya sudah cukup bagus mas, namun ada merek lain yang bisa mas jupri coba misalnya merek verbatim, maxcell, sony, phillips, dll namun harganya lebih mahal.

      Delete
  30. ko di akhir burning saya suka burning eror failid ya ? awalnya bisa tapi pas mau selesai malah burning eror failid ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan bisa di cek kualitas cd dvdnya, apakah tergores atau tidak. Yang ke dua, bisa jadi karena opticnya sudah mulai tidak bisa melakukan proses write.

      Delete
  31. Tanya mas. format vob yg otomatis terconvert di nero 14 ketika selesai di burn lalu apa kualitasnya pasti sama dengan format aslinya(misalkan mp4) ? Pengalaman saya convert format mp4 (1920x1080) ke format dvd(vob) pakai soft. Freemake video converter ketika selesai kualitasnya menurun (720x520) seperti buram. Mohon pencerahannya mas. Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kualitas burn dengan nero menjadi file vob tidak menurun mas, di play dengan dvd palyer di tv 21 inch cukup bagus dan jernih

      Delete
    2. Mas. Ada link downloadnya gak?

      Delete
  32. Tanya mas. Apa kualitas format vob stlh selesai diburn kualitasnya videonya sama dgn yg aslinya?
    Mhon pencerahannya mas. Mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama bagusnya mas sesuai resolusi awalnya, nero hanya merubah formatnya saja. namun yang harus di ingat resolusi video tergantung pada perangkat yang digunakan untuk menyetelnya.
      Misal resolusi selebar layar hp, jika di burn dan di play di tv tentunya akan menjadi tidak jelas. Karena itu jika ingin menyetelnya dengan tv maka pilihlah video dengan kualitas hd (high definition)

      Delete
  33. maaf mas walidin saya mau tanya kalo misalkan burning video tapi setelah itu videonya malah nggak ada suaranya itu gimana mas mohon sarannya

    ReplyDelete
  34. Mas kalau burn file mkv bisa ga? apa langsung ter convert juga? trus cara menambahkan subtitlenya gmna? mkasih sblumnya.

    ReplyDelete
  35. mau nanya mas saaya pakai nero startsmart untuk vcd sudah ok tpi untuk dvd pas buka file video gk ada gk kebuka mas...gmna caranya...mksh

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas osman khan tidak salah pilih metode burningnya kan?
      jika dvd pilih dvd, jika cd pilih cd. Seharusnya sih tidak ada masalah

      Delete
  36. Mas, setelah terkopy, tidak ada terjemahannya, apa bisa di burn kedua untuk nambahi sub titlenya (maksud sy DVD yang sudah di Burn terus di Burn Lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau metode burnnya saat pertama kali burn di setting untuk memungkinkan burn ulang (tambahan), maka bisa diburn ulang untuk menambahkan subtitlenya mas.

      Delete
  37. Maaf mau tanya mas saya pake nero platinum 2016 setelah tiap tahapan di lakukan untuk burning vidio-movie, setelah itu mau di burn ga bisa aja malah muncul minta di upgrade. padalah baru instlalkan neronya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin sudah expired softwarenya mas, harus instal yang ful version

      Delete
  38. Yang punya BLOG luar biasa, setiap ada pertanyaan g pake lama balas nya dan sangat bermanfaat sekali, biasa nya pemilik blog 1 tahun sekali balas nya.. Untuk mas walidin semoga sukses selalu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ok mas terima kasih, sebisa mungkin saya jawab mas jika memang saya tahu. Agar bisa bermanfaat buat teman-teman sekalian.

      Delete
  39. numpang nanya mas,,kalo add file make vcd bisa ngebaca videonya,,tp kalo make dvd kok pas add file nya ga kebaca video nya..itu apanya yg harus dibenerin??caranya??mksh ya mas sblumnya

    ReplyDelete

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.