Simple blog to share

Cara menghilangkan virus shortcut flashdisk bagi sebagian orang memang dianggap susah. Meski virus flashdisk ini tidak berbahaya namun akan membuat pengguna  merasa risih dan tidak nyaman. Setiap kali flashdisk dicolok ke laptop/pc yang muncul bukannya daftar file/folder yang akan dibuka, namun yang terlihat malah hanya shortcut flashdisk. Meski sebenarnya semua file dan dokumen lain yang tersimpan di flash disk tidak hilang ataupun rusak.

virus-shortcut-flashdisk

Virus shortcut di flashdisk akan menutupi atau menyembunyikan semua file dan folder yang ada pada flashdisk ke dalam shortcut flashdisk, karena itu jika shortcut tersebut diklik 2x maka akan terlihat semua file yang terdapat pada flashdisk tersebut. Jika flashdrive (flashdisk) kamu terkena virus seperti ini, jangan menghapus shortcut tersebut terlebih dahulu karena jika short cut tersebut dihapus, maka semua file yang ada pada flashdisk akan ikut terhapus kecuali shortcut bersama virusnya.

Sebenarnya cara menghapus virus flashdisk itu mudah, hanya memerlukan beberapa langkah sederhana.

Nah berikut merupakan cara membersihkan flashdisk dari virus shortcut:


  1. Tancapkan flashdisk kamu yang terkena virus

  2. basmi-virus-shortcut-flashdisk

  3. Aktifkan "Show hidden files, folders, and drive" dan nonaktifkan "Hide protected operating system files (Recomended)".
  4. Caranya pada windows 8: Buka windows explorer (tombol Windows + E) > klik tab View > Options > Change Folder and search options > klik tab View
    Caranya pada windows 7: Buka windows explorer (tombol Windows + E) > klik Organize di sudut kiri atas > pilih Folder and search options > klik tab View

    Jika muncul kotak dialog waning klik OKsaja

    shortcut-virus-flashdisk

    virus-shortcut-flashdisk


  5. Lihat drive flashhdisk > klik 2x. Maka akan terlihat semua file yang disembunyikan virus.
  6. Backup (Copy) terlebih dahulu ke drive D kamu untuk mengamankan data-data penting yang ada.
    Hapus file yang digenerate virus / file yang kamu anggap mencurigakan. Atau jika tidak ingin susah payah langsung format flasdisk kamu.

    cara-hapus-virus-shortcut-flashdisk

    pindahkan-data-ke-hardisk

  7. Format flashhdisk kamu agar benar benar bersih seperti baru

  8. format-flashdisk

Itulah langkah sederhana berkaitan tips dan trik cara membasmi virus flashdisk yang bikin kesel pemakainya. Semoga tips ini bermanfaat dan membantu.

Baca juga tulisan terbaru di blog ini:
Cara Aman Laptop Dari Virus - Matikan Akses ke Registry Editornya

Antivirus

Setelah kamu berhasil membuang virus dari flash disk dan mengembalikan data yang disembunyikan virus, saatnya kamu untuk menscan drive c dengan antivirus yang kamu pakai. Ini bertujuan untuk mematikan virus tersebut sekaligus untuk memperbaiki sistem registry yang telah dirubah olehnya. Jika dengan anti virus yang kamu pakai tidak berhasil maka sebaiknya menggunakan antivirus alternatif terbaik menurut anda.

scan-virus-flashdisk

[Update 2016-02]
Pada tutorial terbaru saya yang berkaitan flashdisk yaitu tentang cara mempassword flashdisk. Silahkan anda baca di halaman ini: Trik Cara Memberi Password Flashdisk Tanpa Software Tambahan


12 comments:

  1. Wah iya sering nih ada di flashdisk virus shortcut ini.. Thanks infonya sob..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas nandar, virus shortcut pada flashdisk memang ada dan sekarang lagi menginfeksi banyak komputer.

      Delete
  2. Ini sangat sering sekali terjadi mas, banyak orang yang mengalami masalah seperti ini termasuk saya,,, thanks mas,,, sangat membantu sekali... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, beberapa waktu yang lalu saya juga kena, sebenarnya virus ini tidak berbahaya namun bikin risik karena setiap kali flashdisk dihubungkan ke laptop/komputer, semua data yang ada diflashdisk langsung disembunyikan

      Delete
    2. pas udah di format,, dikasih file lagi,, di cabut,lalu di masukkan lagi tetp aja masih shortcut,
      bagaimana ya caranya?

      Delete
  3. Katanya FD yang suka di format, nanti cepat rusak, bener ngga tuh mas, Virus shortcut biasanya hilang kalau pakai AVG yang update...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang ada yang beranggapan Flashdisk sering diformat akan membuat flashdisk tersebut cepat rusak. Namun secara teori saya belum menemukan alasan yang meyakinkan. Dan hingga berapa kali akan rusak jika terus-menerus diformat.

      Delete
  4. Entah berapa kali saya gonta-ganti flashdisk dikarenakan hal seperti ini, entah darimana juga si virus datang. Cara yang simple tapi cukup membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meski gampang tidak semua orang khususnya yang tidak tahu banyak tentang windows/komputer/laptop bisa membasmi virus flasdisk ini.

      Delete
  5. thanks ya mas ..sangat membantu..nambah ilmu

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mas, virus shortcut memang harus dibasmi, jangan sampai flashdisk lain ikut terkena setelah dicolok ke laptop/komputer

      Delete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===

Dapetin tips dan trik secara langsung. Gunakan email untuk Subscribe.

Cek email masuk kamu untuk verifikasi, klik link yang disertakan pada email tersebut hingga muncul "Email Subscription Confirmed!"

Delivered by FeedBurner

Powered by Blogger.