Simple blog to share

Jika anda membaca tulisan ini sampai habis, maka anda akan tahu apa manfaat pentingnya mengunci flashdisk dan bagaimana cara memberi password flashdisk anda.

Banyak orang masih mengandalkan flashhdisk sebagai media penyimpanan data, meskipun hingga saat ini sudah gencar diperkenalkan penyimpanan online (cloud storage). Karena keterbatasan kecepatan koneksi internet di indonesia masih belum maksimal untuk upload/download data-data besar, maka cloud storage masih banyak yang dianggap kurang efektif. Bukan tambah cepat untuk bertukar data, malah tambah lama. Belum lagi harga kuota internet yang masih dibilang mahal. Sehingga orang masih bertukar dan menyimpan data melalui media flashdisk.

cara-mempassword-flashdisk

Keamanan data-data penting di flashdisk baik dokumen yang berkaitan dengan tugas-tugas (pekerjaan) ataupun data privacy anda, menjadi sangat penting karena sifat dari flash disk yang memiliki ukuran kecil dan mudah hilang. Jika flashdisk yang berisi dokumen rahasia dan data pribadi anda hilang maka anda akan merasa sangat khawatir, apalagi jika ditemukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Data anda bisa saja akan disalahgunakan. Sebagai contoh foto-foto pribadi anda yang anda di flashhdisk tersebut akan disebarluaskan dan disalahgunakan di internet, misalnya dijadikan profile picture untuk website penipuan.

Contoh lain yang berkaitan dengan tips keamanan flashdisk, misalnya bagi seorang penulis, content writer, ataupun blogger biasanya menyimpan puluhan bahkan ratusan draft tulisannnya di flashdisk. Ini karena lebih simple jika melakukan editing draft tulisan berganti-ganti laptop (pc), biasanya mengedit tulisan menggunakan laptop pribadi, kadang-kadang menggunakan laptop teman, kadang-kandang menggunakan pc kantor/rumah. Jika flashdisk anda hilang dan ditemukan oleh (yang kebetulan) blogger lain, maka rahasia ide tulisan anda akan dimanfaatkan oleh orang tersebut. Anda akan sangat menyesal. Meskipun anda memiliki backup-an data rutin di tempat yang aman.
Buka spoiler berikut:
mengunci-flashdisk

Nah dari berbagai contoh kondisi itulah sudah seharusnya setiap pengguna komputer selalu melindungi datanya masing-masing dari kehilangan. Kehilangan data flashdisk bisa terjadi karena flashdisk hilang atau data yang ada di flashdisk tersebut dicuri orang. Kehilangan data yang disebabkan karena pencurian inilah yang paling berbahaya, karena ada unsur niat jahat dari si pencuri. Karena itu apapun alasannya jika data-data yang anda simpan di flashdisk penting dan memiliki privasi maka sebaiknya anda password flashdisknya. Cara mempassword flashdisk di windows sebenarnya mudah dan tidak diperlukan instalasi sofware tambahan apalagi software berbayar. Di windows 7, 8, 8.1 dan 10 terdapat fitur keamanan data gratis yang disebut Bitlocker Drive Encryption. Bit locker ini juga dapat digunakan di windows xp dan vista seandainya sekarang anda masih menggunakan sistem operasi tersebut.

Pada tulisan saya sebelumnya tentang virus shortcut flashdisk. Silahkan anda baca juga halaman ini:
Cara Menghilangkan Virus Shortcut Flashdisk

Berikut merupakan tutorial tips memproteksi data-data penting flashdisk dengan cara mengunci flashdisk menggunakan bitlocker drive encryption:
Buka spoiler berikut:
1. Buka Control Panel windows, anda dapat mengetikkannya seperti pada image di bawah.
Pada tutorial ini menggunakan tampilan windows 8, dan dibuat sejelas mungkin caranya agar anda juga bisa melakukan sendiri tips mempassword flashdisk

cara-mengaktifkan-bitlocker-windows-7-8-8.1-10


2. Pilih System and Security

cara-mengunci-flashdisk-dengan-bit-locker


3. Pilih BitLocker Drive Encrytion

cara-mengunci-flashdisk-pakai-bit-locker


4. Pilih media Flashdisk yang akan di-lock dengan password (lihat melalui windows explorer jika drive anda banyak).
Klik Turn on BitLocker

cara-mengunci-flashdisk-menggunakan-bit-locker


5. Tunggu beberapa saat bitlocker windows anda mendeteksi drive flash disk yang anda colokkan.

kunci-flashdisk-dengan-bitlocker-aman-dari-virus


6. Langkah berikutnya adalah memberikan password. Password ini yang akan digunakan untuk membuka/mengakses flashdisk setiap kali flashhdisk dihubungkan ke laptop/pc. Klik Next.

virus-flashdisk


7. Simpan file recovery key yang di dapat dari bitlocker windows. File ini dalam bentuk file berekstensi .txt.
Tips: untuk menyimpan file recovery ini, anda bisa menyimpannya di email agar sewaktu-waktu bisa anda download lagi. Kirim file recovery ini dalam bentuk attachemt ke salah satu email anda. Tentunya anda menggunakan alamat email yang berbeda.

tips-keamanan-flashdisk


8. File recovery anda Save

flashdisk-terkena-virus


9. Setelah di Save, kembali ke kotak dialog berikutnya, klik Next.

cara-proteksi-data-flashdisk


10. Pilih bullet pertama "Encrypt used disk space only (faster and best for new PCs and drive)" agar lebih cepat proses enkripsinya. Klik Next.
Note: jika anda memasang bitlocker pada flashdisk (drive) baru yang sudah berisi data, maka hanya akan dienkripsi sebagian space (ruang) flashdisk yang digunakan untuk data-data tersebut. Namun ketika anda menyimpan data baru pada flashdisk tersebut maka anda tidak perlu mengenkripsinya lagi. Bitlocker akan mengenkripsinya secara otomatis. Jadi artinya anda tidak perlu memberi password enkripsi berulang-ulang, cukup sekali, dan flashdisk bisa digunakan seperti biasa setelah anda membukanya dengan password yang anda tentukan.

cara-aman-data-jika-flashdisk-hilang


11. Klik tombol Start encrypting untuk memulai proses enkripsi.

cara-menggunakan-bit-locker-windows


12. Proses enkripsi (memberi password) flashdisk telah selesai.

fungsi-bitlocker-windows


13. Setelah anda menekan tombol Close perhatikan pada Control Panel.
Melalui Control Panel anda dapat membuka flashdisk atau mengganti passwordnya.

proteksi-flashdisk-dengan-bitlocker


14. Perhatikan juga pada windows explorer, flashdisk yang diberi password dengan bitlocker memiliki icon tanda gembok.

cara-mengamankan-data-flashdisk-dengan-bitlocker


15. Setiap kali anda mencolokkan flashdisk ke laptop/pc, maka akan muncul permintaan password untuk bisa membukanya.

password-bitlocker


Untuk membuka flashdisk yang sudah diberi password, silahkan masuk ke control panel windows berikut:
Control Panel\System and Security\BitLocker Drive Encryption, dan klik Unlock Drive

Setelah memberi password USB flashhdisk maka anda tidak perlu khawatir karena flashdisk tersebut tidak bisa digunakan orang lain tanpa ijin anda, tentunya dengan kata kunci yang anda berikan, meskipun dicolok ke laptop/pc yang berbeda-beda. Selain bitlocker digunakan pada flashdisk, bit locker juga bisa digunakan pada external harddisk.
Silahkan lakukan untuk mengunci USB flashdisk agar lebih aman, dan tidak sembarang orang mengakses flashdisk anda. Tips ini juga bisa diterapkan untuk harddisk external untuk menjaga dan menghidari pencurian data-data penting yang anda miliki.


7 comments:

  1. bang, kalo ntar dibuka ke laptop lain yang OSnya nggak support bitlocker gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk membuka bitlocker pada komputer mac bisa menggunakan M3 Mac Bitlocker Loader, mas. Softwarenya bisa didapatkan pada halaman web ini:Software Pembuka BitLocker di Mac

      Atau jika ingin support linux dan Mac OSX bisa dicoba pakai software yang bernama dislocker. Cara dan softwarenya bisa di download di sini:Download Dislocker - Software Untuk membuka bitlocker di Linux & Mac OS.

      Delete
    2. oooow bisa dibuka di mac n linux juga, kirain bawaan windows cuma bisa dibuka di windows.., baik juga si windows..

      Delete
    3. bill gates murah hati ya, huahaha.
      kalo di linux ga support berarti ya

      Delete
    4. iya karena setiap teknologi memang sekarang harus bisa crossplatform agar tidak susah pemakaiannya baik di windows ataupun di linux

      Delete
  2. iya, mesti di password, banyak data "penting" yang dilarang di copy hehehe

    ReplyDelete
  3. iya betul mas.. saya sendiri menggunakan flashdisk yang saya proteksi dengan bitlocker untuk data-data penting.

    ReplyDelete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===