Simple blog to share

Penyebab windows blue screen terjadi lagi. Lagi asik-asiknya main game penyakit ini kambuh lagi. Mumpung lagi ada waktu, saya buat aja tulisannya di sini sekalian untuk dokumentasi jika sewatu-waktu saya lupa untuk mengatasi masalah yang sama di kemudian hari, Siapa tahu, suatu saat kamu juga mengalami error hal serupa. Atau mungkin saat ini lagi mengalaminya, dan mencari solusinya. Jika iya berarti baca aja catatan saya ini sampai selesai.

OK mulai dari awal...
Secara umum penyebab windows blue screen adalah karena sistem windows tidak dapat mengatasi error yang sangat kritis. Error ini sering disebut BSOD - Blue Screen Of Death (baca: kematian sistem). Jika BSOD ini terjadi pada laptop kamu, dipastikan semua pekerjaan yang belum ke-Save sebelumnya akan hilang. Konsekuensi dan resikonya, kamu harus mengulangi lagi pekerjaan yang belum kamu save.

cara-mudah-mengatasi-windows-blue-screen

Error blue screen windows merupakan jenis error yang paling buruk dari semua error yang pernah ada, karena windows tidak dapat me-recovery error tersebut. Sedang untuk jenis error lainnya windows masih bisa me-recovery (memperbaiki) dirinya sendiri, tanpa harus restart.

Apa penyebab windows blue screen yang sering terjadi baik pada laptop atau pc?

Faktor sebab terjadinya windows blue screen yaitu karena error pada hardware atau karena adanya driver dari hardware yang mengalami crash sampai windows tidak bisa berbuat apa-apa dan menemukan "STOP Error". Stop error di sebut BSOD seperti disebutkan di atas. Error blue screen juga disebabkan oleh isu yang berkaitan dengan software yang berjalan buruk di lingkungan kernel.

Saat laptop/komputer mengalami blue screen, windows akan menciptakan file "minidump" yang berisi informasi kenapa windows blue screen, dan menyimpannya pada harddisk. Kamu bisa melihat file crash dump tersebut pada drive C:\Windows\Minidump.

Atau kamu dapat melihatnya melalui windows event viewer (klik Start Menu windows > pada kotak dialog ketik run > ketik eventvwr). Dengan melihat file tersebut kamu bisa mengidentifikasi disebabkan oleh apa windows blue screen terjadi.
Penyebab blue screen bisa berlainan satu sama lainnya. Berikut contoh image penyebab (kode error) yang pernah terjadi :

cara-mengatasi-blue-screen-pada-windows-7-8-10

kenapa-windows-blue-screen

laptop-blue-screen-terus-kenapa

laptop-sering-blue-screen

Jika kamu tidak lupa untuk mendokumentasikan, ketika laptop mengalamai blue screen windows, sebenarnya kamu bisa memfotonya pakai HP, sehingga jenis kesalahan bisa anda cari referensinya di internet menggunakan komputer/laptop lain atau menggunakan smartphone untuk browsing.
Pada contoh di sini laptop mati karena dikarenakan oleh #windows blue screen stop 0x0000008E# yaitu terjadi dump memory.

Bagaimana cara mengatasi windows blue screen?

Cara mudah mengatasi windows blue screen yaitu dengan mematikan laptop/komputer secara paksa pada saat blue screen muncul, karena pada saat itu tombol shutdown/restart tidak bisa dimunculkan pada layar monitor.
Setelah dishutdown paksa biasanya windows akan menampilkan warning seperti di bawah ini:

penyebab-windows-blue-screen

penyebab-windows-error-blue-screen

Buka spoiler lengkap keterangan errornya:
Problem signature: Problem Event Name: BlueScreen OS Version: 6.1.7600.2.0.0.256.1 Locale ID: 1033 Additional information about the problem: BCCode: 1000008e BCP1: C0000005 BCP2: 829FBD01 BCP3: B5A2BB98 BCP4: 00000000 OS Version: 6_1_7600 Service Pack: 0_0 Product: 256_1 Files that help describe the problem: C:\Windows\Minidump\090416-22963-01.dmp C:\Users\karagobang\AppData\Local\Temp\WER-38251-0.sysdata.xml Read our privacy statement online: http://go.microsoft.com/fwlink/?linkid=104288&clcid=0x0409 If the online privacy statement is not available, please read our privacy statement offline: C:\Windows\system32\en-US\erofflps.txt

Cara mengatasi/menghilangkan history warning blue screen setiap kali muncul seperti gambar di atas ini yaitu:
Caranya mudah hapus file WER-38251-0.sysdata.xml yang berada di folder temp:
C:\Users\karagobang\AppData\Local\Temp\
Setelah file tersebut dihapus maka warning tersebut tidak akan muncul lagi setiap laptop dinyalakan.

Bagaimana cara menghindari windows blue screen?

Penyebab windows terjadi blue screen bermacam-macam tergantung pada error yang dihadapi sistem operasi windows. Masing-masing kode error blue screen juga berbeda, namun ada 3 cara mudah untuk mencegah atau memperbaikinya jika sudah terjadi blue screen:

1. Gunakan fitur System Restore
Kapan saat yang tepat kamu menggunakan sistem restore? Yaitu ketika laptop terlihat tidak normal. Biasanya laptop terlihat tidak normal akibat menginstall software-software freeware yang didownload dan rentan terhadap virus.
System restore penting untuk mengembalikan kondisi laptop ke keadaan "sehat" seperti sebelumnya.
Agar tahu cara system restore windows 7,8,10, prinsipnya bisa kamu baca di halaman ini:
Cara melakukan system restore
System restore adalah cara paling mudah tanpa banyak campur tangan kamu mengutak-atik laptop dengan tujuan agar kembali normal seperti sediakala, dan terhindar dari blue screen windows.

2. Setelah dilakukan system restore, segera scan laptop dengan antivirus/anti malware untuk mengetahui apakah windows terinfeksi atau tidak.
Virus dapat mengganggu aplikasi yang berjalan di lingkungan kernel windows, sehingga membuat aplikasi berjalan buruk dan windows menghadapi stop eror yang kemudian terjadi BSOD blue screen of death.

3. Penyebab windows mengalamai blue screen kemungkinan salah satunya adalah driver yang error, karena itu install ulang driver yang berada pada CD bawaan saat kamu beli laptop. Jika tidak ada cd drivernya download driver dari situs resminya.

Itulah 3 cara mudah menghindari terjadinya blue screen yang sering menghinggapi pengguna windows baik windows 7, windows 8, windows 10 ataupun windows XP sebelumnya. Jadi intinya, kamu tidak perlu khawatir jika laptopmu mengalami error blue screen. Ia akan kembali normal.
Dan untuk mencegahnya lakukan tips menghindari blue screen windows seperti di atas

3 comments:

  1. iya nih suka panik kalo sudah blue screen, pernah waktu itu akhirnya minta di install ulang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara mengatasi blue screen pada windows xp, 7, 8, atau 10 sebenarnya tidak perlu sampai install ulang, mba.

      Delete
  2. Terima Kasih telah membagikan ilmu anda, Informasi yang
    sangat berguna dan bermutu. mari kita saling kenal jauh
    melalui jaringan blogspot ini dengan saling follow

    Follow balik ya & ditunggu kunjungannya di blog saya :

    http://softkini.blogspot.co.id

    semoga kita bisa saling berbagi ilmu yang tiada hentinya
    mengalir dalam dunia ini. TRIMS

    ReplyDelete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===