Simple blog to share

Memilih dan menggunakan antivirus itu tidaklah semudah yang diperkirakan. Memilih antivirus saja kadang bingung, mana yang terbaik. Dalam hati selalu berharap semua virus dan penyakit malware bisa hilang semua, bersih total dari laptop/komputer pc. Namun tidak dengan kenyataannya, kadang virusnya tidak bisa terdeteksi, kadang terdeteksi namun tidak bisa dimusnahkan, atau malah antivirusnya yang kalah menjadi mati (tidak aktif).

Teringat beberapa tahun yang lalu sejak tahun 2008 saya menggunakan antivirus McAfee. Yaitu McAfee Virus Scan Enterprise (Mc Afee VSE), hingga akhirnya saya tulis pengalamannya di sini.

download-antivirus-mcafee-virus-scan-enterprise

Bicara antivirus memang banyak sekali jenisnya, seperti Mc Afee yang dibahas ini, Kaspersky, Avira, AVG, Avast, Eset NOD32, Bit Defender, Norton, Dr web, Smadav, dan masih banyak lagi mungkin hingga puluhan bahkan ratusan. Semuanya berbayar jika ingin versi premium. Namun bukan berarti versi yang gratisan itu buruk (jelek). Di daftar anti virus yang disebutkan di atas, semuanya juga ada versi premiumnya.

Saya bukanlah tipe orang yang antipati pada antivirus tertentu, dan atau menyukai salah satu antivirus secara berlebihan, namun menilai antivirus yang pernah saya coba berdasarkan kenyataan (pengalaman) lama waktu saya menggunakannya di antara antivirus lain yang saya coba, hasil scan, kemudahan settingan, kemudahan download update-an data base antivirus baik secara online (offline), tidak memberatkan system (windows), dan faktor lainnya.

apakah-antivirus-mc-afee-bagus

Kebanyakan antivirus yang diklaim ringan, kenyataannya malah membuat berat system (komputer). Ini yang sering tidak disadari kebanyakan pemakai antivirus. Asal install, komputer jadi lelet saat dipakai. Padahal komputer lambat ketika digunakan sangatlah tidak efektif.

Nah kali ini saya tulis pengalaman saya menggunakan antivirus dari McAfee yaitu McAfee VSE (Virus Scan Enterprise):
Buka spoiler imagenya:

mcafee-virus-scan-enterprise

McAfee yang saya gunakan adalah versi VSE 8.8 yang mana di dalamnya terdapat fitur anti malware. Sudah tahu apa itu malware? Apa pengertian malware? Malware kependekan dari "malicious software" yaitu program jahat yang akan membuat kacau system komputer dengan cara mengaksesnya tanpa sepengetahuan administrator (bisa dikatakan juga: pemilik) komputer tersebut. Itu pengertian dasar yang paling mudah anda pahami.

Program jahat (malware) yang berwujud software aktif tersebut dapat berupa spyware (pemata-mata siapa anda, apa kebiasaan anda menggunakan laptop/internet), keylogger (pencuri data apa saja yang anda ketik di keyboard), worm (virus yang me-replicate/memperbanyak dirinya sendiri melalui jaringan internet/lan dengan memanfaatkan kelemahan security komputer lain), artemis (apa itu virus artemis? sejenis malware yang mempengaruhi browser internet - salah satu tanda internet browser anda terkena virus artemis adalah homepage browser berubah; jika anda mencari sesuatu melalui search engine google misalnya, maka akan di arahkan ke halaman iklan selain halaman google - lebih dikenal dengan hijacker), virus itu sendiri.

Selama menggunakan mc afee, semua virus, spyware, ataupun malware dapat dibasmi dengan bersih. Pada gambar di bawah ini menunjukkan varian virus ALS/downloader yang khusus menginfeksi tiap-tiap folder yang mengandung file autocad (.dwg), berupa file acad.fas dan acaddoc.lsp yang tidak bisa hilang oleh antivirus lain.
Buka spoiler imagenya:
virus-terdeteksi-antivirus-bagus-mcaffee

Mc Afee Virus Scan Enterprise memiliki setingan (pengaturan) yang cukup mudah oleg pengguna. Dari layar On-Demand Scan Progress di atas klik saja Propertiesnya. Pada tab "Scan Location" anda dapat memilih jenis drive yang akan discan atau tidak, klik item name > pilih Edit. McAfee secara otomatis menscan rootkit dan running proses (program yang sedang berjalan)
Buka spoiler imagenya:
antivirus-handal-dan-tangguh


Berikutnya ada tab "Scan Item" untuk menetukan tipe file apa saja yang akan discan. Secara default semua file (All files). Perhatikan "Options", beri tanda centang jika anda ingin mengijinkan mc afee men-scan file .zip/rar/file arsip sejenisnya, jika tidak hilangkan tanda checkmarknya.
Buka spoiler imagenya:
review-antivirus-terbaik-paling-bagus

Saya sendiri lebih suka tidak mengijinkan file arsip (archives) untuk discan karena butuh waktu lama. Namun, menyuruh mc afee menscan setiap file yang dipindah ke storage flashdisk ke hardisk atau sebaliknya (beri tanda centang "Scan files that have been migrated to storage"). Tidak lupa beri tanda centang pada "Heuristics"
Buka spoiler imagenya:
options-cara-seting-antivirus-mc-affee


Tab "Exclusions" memungkinkan anda tidak mengijinkan antivirus ini menscan file/folder/disk tertentu. Dengan fitur ini mc afee memberikan anda keleluasaan secara fleksibel.
Buka spoiler imagenya:
anti-virus-tangguh-mcaffee

Misalnya anda tidak ingin folder "Documents" di scan oleh anti virus mc afee. Tambahkan saja ke daftar item exclusions.
Buka spoiler imagenya:
anti-virus-powerfull

Yang saya suka dari anti virus McAfee Virus Scan Enterprise adalah kebebasan mengatur tingkat sensifitas untuk scanning file yang diduga sebagai virus seperti virus artemis yang menyebar melalui jaringan internet. Saya lebih suka menge-set pada tingkat High, agar lebih ketat dan laptop lebih aman dari virus artemis tesebut.
Buka spoiler imagenya:
antivirus-terbaik


Setelah anda mengatur beberapa setingan seperti di atas, berikutnya adalah memilih opsi "Actions" jika virus ditemukan, apakah file yang terinfeksi akan dibersihkan atau di-delete.
Buka spoiler imagenya:
antivirus-paling-bagus

"When a thread is found" - "Jika virus ditemukan: "
"Perform this action first" - "Lakukan tindakan awal"
Clean/Delete - Bersihkan/Hapus

"If the first action fails, then perform this action:" - "Jika aksi pertama gagal, lakukan tindakan"
Clean/Delete - Bersihkan/Hapus


"When an unwanted program is found: " - "Jika program tak diinginkan ditemukan"
"Perform this action first:" - "Lakukan tindakan awal"
Clean/Delete - Bersihkan/Hapus

"If the first action fails, then perform this action:" - "Jika aksi pertama gagal, lakukan tindakan"
Clean/Delete - Bersihkan/Hapus

Dari setingan tersebut anda dapat melakukan opsi lain, misalnya "When a thread is found" - "Jika virus ditemukan: " anda dapat langung memilih Delete tanpa basa basi untuk di-clean dulu.

Berikutnya adalah tab "Report", saya menganggap ini tidak penting diseting dan saya biarkan saja. Namun jika kamu mau melihat reportnya anda dengan menekan "View Log".
Buka spoiler berikut:
antivirus-paling-baik-mc-afee
Setelah anda mengetahui cara seting anti virus McAfee VSE, klik Save as Default agar selalu berjalan sesuai dengan opsi anda.
Komputer/laptop yang bersih dari virus akan terasa ringan, tidak sering hang saat program dibuka secara bersamaan.

Dengan Antivirus McAfee Virus Scan Enterprise ini, saya tidak pelu menggunakan antivirus lain, karena sudah cukup bagus dan powerfull. Jika anda juga ingin menggunakannya silahkan download melalui pencarian google atau melalui situs resmi mc afee.

Saya harap review ini bisa memberikan informasi kepada anda jika anda sedang mencari antivirus terbaik yang ingin anda gunakan.
Selamat mencoba

2 comments:

  1. Kalau yang ini saya belum nyoba,,, apalagi sekarang windows udah ada anti virus bawaan,,, yang pernah saya pake itu norton, esset sama avast,,, tapi sekarang saya sudah tak pakai anti virus lagi,, skarang saya pake bawaan dari windows nya aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. menggunakan antivirus asli windows bagus juga mas, untuk scanning cukup bersih dan ringan, tidak bikin berat windows

      Delete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===