Simple blog to share

Punya smartphone android yang paling sering dikeluhkan kebanyakan orang, termasuk saya, adalah baterainya cepat sekali habis. Maklum android punyaku memang sudah 4 tahun yang lalu beli, jadi waktu itu belum ada android dengan batery berkapasitas besar (big battery smartphone - long battery life). Ada cadangan powerbank namun itu juga tidak cukup untuk seharian penuh. Apalagi jika berpergian jauh pulang kampung, pasti selalu mati di jalan kehabisan daya.
Kalau sudah begitu ga bisa menghubungi/dihubungi sama sekali.

Pengalaman tahun lalu saya pulang kampung saat lebaran, dari jakarta ke gombong, kebumen, macet total hingga saya 2x sahur dijalan. Kamu masih inget kan kasus tol brexit saat lebaran kemarin, bisa dikatakan nerekanya pemudik tahun 2016 kemarin. 12 orang meninggal karena kemacetan.
Meski saya tidak terkena langsung kemacetan terparah di brexit waktu itu, namun dari efeknya saja di perjalanan mengalami 2x sahur di jalan. Padahal jika ditempuh pada hari normal dari jakarta ke gombong kebumen paling 6-8 jam.

...
Lupakan kejadian miris tol brexit.

...
Sekarang  ke handphone cadangan,
Satu bulan yang lalu saya kepikir jika lebaran 2017 ini akan pulang kampung lagi. Maklum tidak punya mobil mesti pakai angkutan umum, Bis. Cari kereta tidak dapet tiket, sudah habis. Sebenarnya enakan pakai kereta karena dikereta ada fasilitas colokan buat ngecas. Selain nyaman dan cepat ga kena macet tentunya. Jadi tidak takut handphone kehabisan baterai. Kalau pakai bis mesti harus siap-siap antisipasi.

...
Akhirnya saya beli handphone cadangan..
Ya untuk persiapan mudik saya pakai hp cadangan jadul/lawas, nokia 105.
Ga ada fitur yang mewah layaknya android, yang jelas cuma bisa untuk telpon dan sms-an. Hanya fungsi dasar. Namanya juga hape model jadul.
Kriteria hp cadangan yang saya butuhkan memang yang penting bisa muat sms, telpon, dan daya baterainya tahan lama berhari-hari, sehingga diperjalanan tidak loss contact sama teman dan keluarga gara-gara smartphone mati total kehabisan daya.


Nah, nokia 105 ini kebetulan speknya simple namun punya daya tahan baterai bagus hingga bisa seminggu tidak dicas. Memang benar-benar jadul seperti dulu belum ada symbian dan android, karena hp ini masih pakai java.
Kalau mau tau detailnya Ini daftar lengkap spesifikasi nokia 105 tersebut:

Spesifikasi Nokia 105
Harga ± Rp.250,000,- an
Tahun Rilis 2013
Jaringan 900/1800
Jenis layar TFT 65K colors
Ukuran 128 x 128 pixels, 1.45 inches (~125 ppi pixel density)
Dimensi (ukuran & berat) 107 x 44.8 x 14.3 mm, 64 cc / 70 g
Audio Vibration; Polyphonic ringtones
Radio Ada, FM stereo
Jack 3,5 mm Jack Audio (dijual terpisah)
Port USB Ada
Memori Internal 8 MB, 384 kB
Penyimpanan Kontak 20000 daftar kontak
Daya Baterai Bicara: 15 jam; Standby 35 hari
Fungsi tambahan Ada lampu senternya, jam digital, kalender, koverter, & expence manager

Dari harganya tidak terlalu mahal namun fungsi sebagai hp cadangan memang sangat penting dikala perjalanan jauh saat tidak ada casan dan powerbank smartphone pun habis.

Kalau ini juga penting menurutmu, ada baiknya kamu juga beli handphone yang sederhana namun tahan lama baterainya. Seperti nokia 105 tersebut. Banyak manfaatnya saat dalam kondisi darurat.

Oh ya.. kalau kamu saat ini belum juga punya powerbank, sebelum beli lihat informasinya di sini
Cara Memilih Powerbank Yang Bagus dan Berkualitas

Mudah mudahan ide, alasan, dan informasi pengalaman yang saya share di sini bisa memberimu manfaat

1 comment:

  1. Saat mengajar di pesantren, kami hanya boleh hp monokrom seperti itu kak..
    Meski tdk banyak aplikasinya, tapi cukup membantu dan lebih menjaga dari waktu sia-sia, he.. :D

    ReplyDelete

===>>> Untuk mendapatkan pemberitahuan jawaban komentar melalui email, silahkan berkomentar dengan google account dan beri tanda centang pada "Notify me". "Notify me" muncul setelah anda login ke google account <<<===